Minggu, 06 April 2008

BUNUH IDOLA MU

“KILL YOUR IDOL”

Saat melihat William Axl Rose berjingkrak – jingkrak
dalam video konser “use ur illution” mata saya tertuju
kepada kaos yang digunakan Axl Rose bertuliskan “ Kill
Your Idol”, sambil menikmati lantunan lagu “sweet
child ‘o’ mine” kepala saya tidak berhenti berpikir
apa maksud tulisan itu?! Kenapa? Axl memakai kaos itu
di konser Guns N Roses yang akbar itu?
Akhirnya saya menemukan jawabannya, walaupun mungkin
jawaban saya tidak sama dengan Axl, tapi setidaknya
karena kaos Axl saya dapat memahami sesuatu dan
menemukan hikmah dari tulisan di kaos itu.
Dahulu saya selalu memerlukan seorang idola, tokoh
untuk jadi panutan, untuk menyemangati perjalanan
hidup. Oleh karenanya dahulu saat melihat atau membaca
buku orang-orang penting, bagi saya penting sekali.
Tetapi dengan tumbuhnya kedewasaan saya dan jam
terbang yang lumayan, klo umur manusia dibatasi sampai
dengan 60 tahun saya sudah menghabiskan ½ nya waktu
kehidupan ini, maka saya memutuskan tak ada lagi idola
buat saya. Idola itu tidak penting, yang penting
adalah mengetahui kemampuan kemanusiaan saya. Idola
itu menyumbat pemikiran saya untuk memberanikan diri
memberi penghargaan kepada diri sendiri, karena
seringkali, saya memakai penilaian idola untuk
diukurkan kepada saya, yang punya otak berbeda dan
gaya hidup
berbeda bahkan visi tentang hidup yang
berbeda dari idola saya itu.
Oleh karenanya, saya mematok standar untuk diri saya
sendiri, dan saya pikir tak penting bahwa standar saya
tak sama dengan idola atau pilihan banyak orang. Tidak
penting perlu kata2x pembuka dari orang yang
berkompeten dibidangnya untuk tulisan2x yang saya
pernah buat. Saya tak pernah meminta tulisan saya
dibaca oleh orang penting, sebelum dikirim….!!! Nggak
penting mengundang ahli desainer grafis atau web untuk
menilai hasil karya saya. Tidak penting kritikus film
atau editor film handal untuk film dokumenter yang
saya pernah buat, dan saya tidak perlu mengidolakan
Steven Spielberg, Stanley Kubrick, atau Ang lee. Kalau
jadi pemain bola potongan rambut saya juga tak perlu
seperti David Beckham, atau Fransesco Totti. Apa
Pentingnya hanya bisa meniru ????!!!!!
Secara tidak sadar kita dipenjara oleh pikiran –
pikiran yang di idolakan oleh orang tua,
teman,saudara,lingkungan, budaya, dan di injeksi ke
dalam pikiran kita, kita menjadi bukan diri kita
sendiri, terlalu banyak topeng idola yg kita pakai…dan
kita menjadi malu atau malu-maluin jika tidak memakai
topeng itu!!!
Nikmatilah anda dan Hargailah diri anda maka
setidaknya anda dapat menghargai orang lain….. Mulai
sekarang idolakan diri anda sendiri, hargai diri anda
sendiri, belajar berani mengungkapkan diri anda kalau
anda pandai, ½ pandai dan bodoh sekalipun (Stupid Ass
hole!!!). Itu lebih baik!!!! daripada kita hanya
sekedar jadi manusia Peniru…., menarilah….diatas
tarian kehidupan yang anda….inginkan Cause u are Free
man……..and free man u are !!!! what are u
doing….without freedom??????….

Fidelis

Tidak ada komentar: